Home » , , , , » Siap-siap Akan Ada Koalisi Baru?

Siap-siap Akan Ada Koalisi Baru?

Posted by BEREDAR KABAR on Minggu, 02 April 2023


BEREDAR KABAR - Angin politik nasional menghadapi Pemilihan Umum - Pemilu dan Pemilihan Presiden - Pilpres 2024, berhembus kian kencang. Itu terlihat dari pertemuan lima ketua umum partai yang dihadiri Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi.

Lima ketua umum yang dikumpulkan Jokowi adalah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Ada kabar bahwa dalam pertemuan itu dibahas rencana pembentukan koalisi besar. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut koalisi besar akan melanjutkan pembangunan era Jokowi.

"Koalisi besar itu memiliki ideologi yang sama dan kami ini semuanya ada di pemerintahan," ujar Airlangga. 

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga mengaku sudah ada kesepakatan soal wacana koalisi besar untuk menggabungkan Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pemilu 2024.

Kita tahu bahwa, KIR sebelumnya telah digagas oleh Gerindra dan PKB. Sedangkan KIB merupakan koalisi pertama yang dimunculkan oleh PAN, GOLKAR, dan PPP. Tetapi koalisi KIB ini ibarat "perahu kosong" tanpa muatan. Sebab tidak punya Capres dan Cawapres yang dijagokannya secara definitif. 

Yang menarik, dalam pertemuan itu tampak hadir mantan Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa. Apakah ini pertanda Koalisi Merah Putih akan dihidupkan lagi, mengulang Pilpres 2014 saat Prabowo berpasangan dengan Hatta Rajasa? 

Menariknya lagi, pertemuan itu dilakukan tidak lama setelah Ganjar Pranowo menolak kehadiran Timnas Israel dalam Piala Dunia sepakbola U20 di Indonesia. Apakah itu berarti Ganjar benar-benar kehilangan endors dari Jokowi?

Jawabannya belum bisa sekarang. Sebab politik itu bergerak demikian dinamis sehingga tidak mudah diprediksi secara matematika.***


Thanks for reading & sharing BEREDAR KABAR

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana komentar anda?